Lilypie Kids birthday Ticker

Life is Beautiful

Monday, April 30, 2007

Tips memiliki anak-anak yang supercerdas

-dikutip dari NOVA-

Dari pertemuan para ahli, orangtua yang memiliki anak-anak
supercerdas itu antara lain berkata:

1. Saya senantiasa menjawab semua pertanyaan anak saya dengan sesabar
dan sejujur mungkin.
>> Rafi : "Rafi menikah sama Mama, sama Papa juga. Rafi, Mama dan Papa khan keluarga"
From us to Rafi : Mama menikah dengan Papa. Papa menikah dengan Mama. Rafi tidak menikah dengan Mama & Papa, tapi Rafi anak Mama & Papa.

2. Saya sikap bertoleran menghadapi kamar yang berantakan, jika ia belum menyelesaikan pekerjaannya.
>> Rafi hobinya berantakin lemari baju Mama,coret2 agenda Mama di atas tempat tidur bawa semua koleksi mobilnya di tempat tidur Mama setiap malam.
From me to Rafi : "Rafiiii...."
*sambil melotot dikit, tapi teteb ngeberesin juga karena Rafinya dah ngasi "I lop yu somadge..."*


3. Saya memberikan ia ruang atau sebagian dari ruang spesial buat dia.
>> Rafi bawa semua koleksi mobilnya di tempat tidur Mama setiap malam.
From me to Rafi : kadang mesti nyesuaiin posisi bobo, krn cuma diberi ruang 50 x 100 cm

4. Saya mencintai dia bukan untuk keberhasilannya, tetapi karena dia adalah dia.
>> Buku Gambar kerja Rafi di sekolah : tidak ada satupun gambar yang diwarnai dengan finish, hehe.
From us to Rafi : Kita beliin semua alat mewarnai, tapi tembok rumah teteuuub jadi sasaran :(

5. Saya memberikan dia tanggungjawab yang bisa dikerjakannya.
>>
Rafi udah mulai bisa pipis sendiri di kamar mandi.
From us to Rafi : Mesti nyuci celana lebih banyak dgn cebok ala Rafi

6. Saya menolong dia, agar dia dapat mengambil keputusan dan rencananya sendiri.
>> Rafi minta nonton American Idol, padahal lagi Peuqeu-Prix *bener ngga siy nulisnya*
From me to Rafi : "Iya, nonton American Idol saja ya.." hihihi

7. Saya bawa dia ke tempat-tempat yang menarik.
>>
Rafi paling demen ke rumah kakak sepupunya
From me to Rafi : "Mom ke salon dulu ya, nak. Daaa..."

8. Saya ajarkan dia bagaimana caranya memperbaiki hal yang tidak dapat dikerjakannya.
>> Rafi hobi banget maen air, termasuk sambil nonton TV, tangannya ngubek2 baskom isi aer.
From me to Rafi : (pusing karena becek) "Rafi, tolong ambil kain lap ya..."
*diambilin siy, tapi mama juga yg ngepel*


9. Saya bacakan secara teratur buku atau majalah.
>>
Rafi : "Ma, bacain buku yang ini..., (5 menit kemudian) yang blue aja deh.., (3 menit kmudian) yang red aja deh..."
From me to Rafi : ...bapak beruang sedang...; jeruknya...; kapal nelayan...(Huaaa....)

10. Sejak dini saya latih dia membaca.
>> Me: "Coba baca ini susu Rafi , B...trus...."
From Rafi to me : Bebelac khan, ma ?
*ngga_mau_ngeja.com*

11. Saya tidak pernah membandingkan dia secara buruk dengan anak lain.
>> Rafi susah banget makan nasi dibandingin susu & cemilan, kecuali pake pilus & kerupuk2an, ngga seperti anak sebelah.
From me to Rafi : "Ngga papa nak, satu suap dulu deh...dua suap deh.... Eh, tinggal 2 suap nih..." (ngga nyebut anak sebelah, kok)

12. Saya berikan dia kesempatan ikut menentukan acara liburan.
>> Rafi : "Mau di rumah mas Fadli sama Mama, mau berenang sama Mama, mau ke MC D sama Mama"
From me to Rafi : "okay...c'mon.."
*kapan nih,brenti jadi supppiiiirr...Papaaaaa...."

13. Saya tidak pernah mempermalukan atau meledek dia untuk kesalahannya.
>> Rafi kadang ngga nahan pipis kalo pas nonton Sponge bob ato film kartun lainnya, trus, dah keliatan dikit di ujung celananya.
From me to Rafi : "ayoo, cepat..."sambil gendong dia...berat bow, 23kilos.

14. Saya biarkan dia bermain dengan berbagai tipe orang tanpa memandang latar belakang ras-nya.
>>
Rafi kadang suka nyebutin ras tertentu.
From me to Rafi, kadang suka pakai tokoh2 kartun utk ngejelasin bahwa mereka tidak punya perbedaan satu sama lain. Semua kesayangan Rafi, kan ?

Masih banyak lagi, namun dari yang ada saja, dapatkah Anda penuhi semuanya?

PR dong, buat Mama-nya Zebby : bikin list pertanyaan lainnya ya...dan cara memberikannya pada sweety Zebby :p