Lilypie Kids birthday Ticker

Life is Beautiful

Monday, October 20, 2008

Lovely Bromo

Alhamdulillahirobbil'alamin..., itu yg Mama sebut dalam hati pas Papa iya-in aja setelah Mama ajakin ke Bromo. Baru pertama kali en dari referensi film, iklan (yg pake setting Bromo), cerita orang yg terus2an, bikin Mama ga sabaran ke sana (tau sendiri kan kalo udah mau, hehe..)

Berangkat dari Taman Safari Prigen setelah Ashar, kita lanjut ke Bromo via Probolinggo. Sebenernya ada jalur yg lebih deket, yakni lewat Pasuruan arah ke Tumpang, cuman karena wikipedia bilang jalannya ga direkomendasiin buat pemula (maksudnya yg pertama kali ke sono), akhirnya kita pilih jalur Probolinggo, yg lebih aman, meski waktunya lebih lama.

Ternyata gak salah lewat jalur ini, karena kita jadinya bisa wisata kuliner lg, yakni resto Rawon Nguling yg terkenal itu..en ini di pusatnya :)

Sajiannya panas2 gitu...kyknya lebih cocok dimakan di Bromo, jadi-lah kita bungkusss juga. Taste-nya oke, ga terlalu manis, sambelnya pedes, en dihidangkan barengan gorengan perkedel, empal en sate komoh (sate daging sapi). Pokoke serba daging wae-lah.

Perjalanan ke Bromo, tepatnya via Cemoro Lawang ngga terlalu keliatan, abis udah gelap. Jalurnya cukup berkelok-kelok, en ga ada lampu...untungnya Rafi sama sekali ga takut, Mama-nya malah yg nginjek rem melulu, padahal yg nyetir kan papa :)

Sekitar jam 8 kita udh sampe di puncak yg duingiiin...dan langsung ke hotel (apa hostel) Cafe Lava, tepat di bawah kaki Bromo -setelah hotel Lava View Lodge-. Papa cari parkir, Mama anter Rafi beli ciput alias topi gunung & gloves (istilah Rafi.com). Syalnya kebetulan udh Mama bawa dari Cibinong. Ya murmer ajalah, cukup 30K saja untuk ciput Rafi + Papa, gloves untuk bertiga.
Setelah cek in & melunasi kamar hotel (deluxe = cash 260K), kita langsung tanya akomodasi untuk ke Bromo sekaligus liat sunrise. Sejak masuk ke area sebenernya ditawarin jip yg parkir di sepanjang jalan. Tapi karena blum tau, ya kita tunggu dari hotel aja. Ternyata bener, masih ada lowongan 2 seat, sharing dengan 4 tamu bule. Pas-lah, jadinya kakak Rafi kali ini jadi kid lagi ya, dipangku :) Taris 1 jip seharusnya 300K, tp karena kita patungan dihitungnya perorangan kena 85K. Yow wis gapapa, kasi untung dikit buat driver + pihak hotel.

Malem itu kita dikasih welcome drink teh manis panas yg ga berasa panas di mulut, saking dinginnya. Hotel n kamar mandi bersih sekali. Di hotel ini ada kelas mulai dari ekonomi sampai deluxe. Yg ekonomi sharing toilet. Tapi kamarnya mah bersiiih, dan terisi penuh mulai dari ekonomi sampe deluxe.

Tepat jam 3 subuh alarm bunyi, Mama cuci muka + sikat gigi baru bangunin 2 men. Tadinya Papa sempet ngga mau berangkat, karena takut Rafi kedinginan. Yaa...sedih deh, tp Alhamdulillah bangunnya gampang, mau pake perlengkapan dgn lengkap. Hmm..betul2 anak Mama yg suka adventure ya, boy !

Setengah jam kemudian berangkat (kita pilih duduk di depan, supaya Rafi seneng). Sampe di atas kita masih harus bayar tiket masuk wisata, kalo ga salah 6000 aja (turis domestik). Jadi deg-deg-an, apa yg bakal kita liat ntar ya...

Hampir jam 4 kita sampe di Pananjakan, tempat kita akan liat sunrise. Walah, macet euy, kyk di Jakarta aja. Tp yg ini barisan jip en mobil2 gede lain yg akan bertualang di Bromo. Capek jalan, akhirnya kaka Rafi minta naik ojek (ojek betulan, bukan kuda), en tarifnya 10 K, mahal ya, soalnya capek motornya, nanjak. Wah, ini mah bener2 gaya wisatanya, ga mau capek, hehe.

Sampe si puncak Pananjakan dah rame, padahal gelap..en kita semua setia menunggu sang mentari tiba...sambil makan jagung bakar.

Salat Subuh pun di atas pasir...subhanallah...senengnya bisa menjadi salah satu saksi mata bagi terbitnya mentari di Bromo ini...

Akhirnya yg ditunggu pun tiba...

Udara yang tadinya dingiin terasa, sekarang sedikit menjadi kehangatan. How beautiful it is..

Setelah puas merekam terbitnya sang surya, kita pun turun lagi ke parkir jip, dgn ojek juga :) Nunggu bule sepasang lamaaaaa banget..sampe Rafi jadi bosen. Wisata dilanjut ke lautan pasir Bromo. Kita sempet ambil gambar Bromo dari atas...

Rame juga..en calo2 + kuda nyamperin dimana-mana. Setelah jual mahal (pura-pura ngga mau), akhirnya jadi juga kita pilih kuda, 75 K, sampe ke bawah tangga menuju kawah Bromo. Konon tangga ini ada 200-an lebih anak tangga, itu sebabnya Papa tercinta mending milih duduk2 sambil makan Pop Mie n pisgor yg muanis tenan. Yo wis, kami berdua berkuda...tp ga disangka2, si Rafi ketakutan karena kudanya tinggi n gede, jadi dia takut jatuh. Hihihi, akhirnya ga jadi juga ke kawah Bromo-nya. Sayang sih, tp mo gimana, daripada Rafinya jadi nangis. Tour keliling lautan pasirpun didiskon jadi 50K. Kita ngiterin Pura Poten, dimana upacara Kesada sering digelar.

Setelah dipikir2, rasanya lain waktu kita akan milih sewa jip sendiri, biar puas jalan2-nya..karena kita belum liat savana edelweiss n Pasir Berbisik. Next time ?

Driver jip kita..ups..Papa ya ?

***

Sepulang dari Bromo, kita mampir lagi ke Lasem, en besok malemnya kita melanjtukan perjalanan, ke Jogja...1 of the most fave city for me :)

Gak rencana sih, cuman si Papa harus madep ke bapak Dosen, supaya cepet di-approve tesis-nya. Jadi dibela-belain deh. Selagi Papa ngampus, Mama n Rafi ekliling2 aja di kampus MM & sekitar...belanja di Karita, en Mirota. Ndak tau yg lain, takut nyasar.

Dianter Papa ke Dagadu, tapi wis entek koleksinya...jadi motret Rafi ajah. Duh, rame banget yah, sampe abis gitu stok-nya :(

Dua malem nginep di Jogja, cuma sempet nikmatin gudeg Yu Djum, Ayam goreng, en soto...menu favorit.

Pulang ke Jakarta via selatan..makan siang di Cilacap, resto Taman Sari (std) trus mampir di Tasik, beli oleh2 buat mba2 yg cantik...en dinner di Bandung.

ayo mba..mas...naik becakku :)

Usai sudah liburan keluarga kami..Java over trip. Semoga jadi ide buat temans semua ya :)


Labels: