Lilypie Kids birthday Ticker

Life is Beautiful

Tuesday, December 4, 2007

Ngerjain PR dari Gege

PR-nya kok ya nyambung gituh ama kondisiku yg blm sembuh, hehe, jadi ngingetin kalo belum hidup dgn sehat & benar...gleg.

1. What is your definition of ‘healthy eating’?
4 sehat 5 sempurna kali ya..kuno banget :(
Menurut eike sih makanan yg banyak mengandung vitamin, serat, zat gizi yg diperlukan tubuh kita. Yang ini belum tentu sama, example...kacang2an buat sebagian besar orang bermanfaat, tp buat yg lain mungkin tidak baik, krn bisa ningkatin kadar asam urat. Masih banyak contoh yg lain. Intinya : Halalan thoyiban...

2. Do you exercise on a regular basis? What is your favorite form of exercise? Least favorite?
Maunya sih reguler, tiap Sabtu brenang, trus tiap Kamis BL. Yang ada, berenang kalo gag males. BL-nya bubar, soalnya muridnya tinggal 5, ga kuat bayar gurunya. Hehe..

3. Do you take vitamin supplements?
Sama ma Gege..pas lagi ga sehat. Kayak lg flu gini, minum Imboost ato vitamin C dosis tinggi lainnya. Ga ngaruh2 banget siy, tp biar PD aja, PD cepet sembuh maksutna.

4. Can you tell that your body is getting older? If so, how?
Huah..harus mengakui...dulu kuat banget berenang bolak-balik ampe ga keitung. Sekarang 10 kali bolakbalik *itu juga secara horisontal*, dah ngap-ngap.
Dah gitu, kulit dah ga selembut dulu ya..kekekek...ini mah krn ga ngerawat :(

5. Would you call yourself healthy?
Setelah gw divonis *bahasanyajelekbanget* kena faringitis (karena Alergi) , gw merasa ga sehat. Apalagi gw punya alergi yg agak berat, ditambah kadar asam urat agk tinggi..duuh, jadi berasa ga sehat.
Sadar sih, suka makan yg enak2 *means:Nothealthy*, tp exercise kurang. Dah gitu, hidup ber-AC mulu, bangun, perjalanan, di kantor, sampe tidur lagi. Sedih ya, kadang2 pengen hidup di desa gituu...desa yg ada mol-nya :)

Oks deh, aku serahkan estafet ke bundanya Ammar en bundazka (kalo blm kebagian)..

Sekalian posting dikit ttg Faringitis :

Faringitis (dalam bahasa latin; pharyngitis), adalah sebuah penyakit yang menyerang tenggorokan atau faring. Kadangkala juga disebut sebagai radang tenggorokan.
Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau kuman, disebabkan daya tahan yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena kuman. Kadangkala makan makanan yang sehat dengan buah-buahan yang banyak, disertai dengan vitamin bisa menolong.
Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek..
Jika sakit di bagian tenggorokan, batuk, susah bernapas, dan kadang disertai demam, pastilah kita menyebutnya radang tenggorokan. Padahal, dengan keluhan tersebut, ada 3 bagian atau organ sekitar tenggorokan yang harus diwaspadai.

  • tenggorokan (faring)
  • adenoid yang berada di belakang hidung, dan
  • sepasang amandel di kiri dan kanan tenggorokan (tonsil palatina).

Penyebab
Ada tiga penyebab radang tenggorokan yang gejalanya dapat berupa rasa sakit di bagian tersebut, susah menelan, susah bernapas, batuk, dan demam. Ada kalanya terjadi pembengkakan di leher. Penyebabnya adalah infeksi, iritasi atau alergi.
Sekitar 90% dari kasus radang tenggorokan yang disertai hidung berair, demam, dan nyeri telinga disebabkan oleh virus. Bakteri menjadi penyebab dari 10% kasus sisanya.
Pada 10% kasus sisanya bakteri penyebab radang tenggorokan tersering adalah Streptokokus. Gejala infeksi bakteri ini adalah tenggorokan yang berwarna merah daging dan tonsil yang mengeluarkan cairan. Untuk mendiagnosis bakteri ini sebagai penyebab secara past! adalah dengan melakukan usap tenggorok untuk kemudian dikultur serta dilakukan pemeriksaan darah.

Infeksi
Infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan bisa bersumber dari 3 hal, yakni kesehatan mulut dan gigi, amandel sebagai sumber infeksi, dan sinusitis.

Kurang menjaga kebersihan bagian mulut, khususnya gigi, dapat menyebabkan radang tenggorokan. Gigi yang busuk atau berlubang menjadi tempat berkumpulnya kuman. Kuman inilah yang kemudian masuk ke dalam tenggorokan dan menyebabkan infeksi. Untuk mencegahnya, harus rajin menjaga kebersihan mulut dan gigi. Kalau ada gigi yang busuk atau berlubang, harus langsung ditangani. Misalnya, ditambal atau dicabut.

Infeksi pada amandel juga dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Amandel sebenarnya sangat berfungsi pada anak usia 4 10 tahun karena ia merupakan bagian dari pertahanan tubuh. Terutama pernapasan bagian atas. Amandel yang sudah tidak berfungsi lagi akan menjadi tempat berkumpulnya kuman sehingga menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Sumber ketiga penyebab infeksi tenggorokan adalah sinusitis. Setiap orang punya beberapa pasang organ yang disebut sinus paranasal, ada di pipi, di dekat mata, di dahi, dan di dekat otak. Jika organ ini meradang, itu yang disebut sinusitis. Pada orang dengan sinusitis kronis, lendir akan terus-menerus mengalir di belakang tenggorokan dan hidung. Hal ini menimbulkan iritasi ke tenggorokan dan menyebabkan radang.

Iritasi
Iritasi juga bisa menjadi biang keladi radang tenggorokan. Hal ini disebabkan makanan yang masuk, yaitu makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, terlalu panas atau dingin, dan makanan-makanan yang terlalu bergetah. Makanan bergetah, contohnya buah-buahan. Jadi, tidak semua buah-buahan aman, khususnya pada mereka yang punya alergi, karena justru dapat membuat iritasi pada tenggorokan.

Untuk mencegahnya, sebaiknya tidak makan buah-buahan dalam jumlah terlalu banyak. Iritasi juga sering terjadi pada mereka yang bekerja di lingkungan pabrik. Instalasi zat kimia yang dihirup bisa menyebabkan iritasi dan radang pada tenggorokan. Oleh sebab itu, penting sekali memakai masker.

Alergi
Sementara alergi merupakan reaksi hipersensitif bagi orang yang memilikinya. Alergi dapat disebabkan bermacam hal, seperti makanan dan minuman, obat-obatan tertentu, cuaca, dan debu. Zat yang menyebabkan alergi disebut alergen. Jika alergen masuk ke dalam tubuh penderita alergi, tubuh pun akan mengeluarkan zat-zat yang menyebabkan alergi. Akibatnya, timbul reaksi-reaksi tertentu, seperti gatal-gatal atau batuk-batuk.

Alergi terhadap suatu makanan dapat menyebabkan reaksi sakit pada tenggorokan. Selain itu, radang tenggorokan sering dialami mereka yang alergi terhadap jenis buah-buahan tertentu dan olahannya, semisal jus. Hati-hati, tidak semua jus aman bagi orang-orang yang mengalami radang tenggorokan berulang karena alergi. Sering batuk dan sakit tenggorokan. Paling sering justru pada jus tomat.

Makanya..mesti extra curios, apa aja penyebab alergi pada tubuhku. Sampai saat ini ya itu tadi, AC...how come live at Jakarta without AC...
Yang pasti sih, disuruh menghindari flu, biar alerginya ga kambuh..doain ya.