Lilypie Kids birthday Ticker

Life is Beautiful

Saturday, October 6, 2007

Jaman baheula 'tea...

Dapet pe-er dari Widi, pas di kantor lagi hedic banget. Hehehe, jadi baru bisa ngerjain di rumah niiy.
Tahun 80-an be-arti jaman dakuw mulai masuk TK ampe SMP ya ?
Masa2 segitu aku tinggal di pantai utara Jawa Tengah..di Lasem tepatnya. Lasem ini salah satu kecamatan dari kabupaten Rembang, kBUPten terakhir Jawa Tengah yang berbatasan ama Jawa Timur yang ada di pantai utara. Karena deket banget ama laut, Lasem ini puanas banget.

Nah kalo inget tahun segituan yang aku inget :
Tiap ultah dibuatin telur warna-warni
Pas masuk TK Wiajya Kusuma-Lasem, tiap hari rasanya ada aja yang ngerayain ultah di sekolah. Jadinya pas aku ultah ya selalu minta my Mom untuk bekelin goodie bag buat temen-temen. Nah yang aku inget, selain mie remes tentunya, my mom selalu bikin telur yang sdh diwarnain..kadang merah, kadang hijau. Di tahun kedua, menu ini juga tidak ketinggalan, hehehe.

Ambil koin Bapak
Yang ini moga2 gag ditiru ama Rafi...hihihi...Soalnya kalo pas mau berangkat suka ambil uang koin di laci meja alamarhum Bapak. Abis pagi2 Bapak & Ibu suka sibuk banget siap2 mo kerja, jadi suka lupa ngasi uang saku. Alhasil, aku selalu ambil sendiri uang saku dari laci Bapak. Tapi tiap sore Bapak tauuuu aja kalo aku suka ambil uang koinnya....:p

Main "PASAR"an
Bukan pacaran ya, tapi Pasar-pasaran. Alias main jual-jualan ama temen-temen masa kecilku..Yulia,Ineke, Susi...Oh..I miss you all.
Terutama dengan Yuli & Ineke, hampir setiap sore kita main pasaran. Ada yang jual sayur *daun dipotong-potong, ada yang jual tahu *potongan pelepah pisang*, ada yang jual daging *potongan bunga pisang*...waaaa pokoknya rame banget !
Trus tiap 2 minggu kita suka masak2 beneran...belanja di pasar ikut ibu, pulangnya masak2 ama temen2 kecilku tadi. Tapi pake arang lho ! Biar 'sense alami'-nya kerasa. Jadi akdang2 sayur bayam-nya bau minyak tanah..gitu deh..

Maenan lainnya...
Maen bola bekel..ini suka maksa ketiga kakak perempuanku untuk nemenin maen..padahal selisihnya 5-9 tahun. kadang mereka bosen juga, soalnya aku ga pinter2 tapi maksa tetep ngajakin maen...Hihihihi
Maen kasti..tapi bolanya dari kertas bekas yang udah di-kucel-kucel, trus area mainnya juga sempit banget, jadi kalo mo nimpuk gampang banget...

Pelajar Teladan
Gini2 gw mantan pelajar teladan kabupaten Rembang, hehehe...
Jadi ceritanya ke-6 kakakku itu menurunkan warisan jadi pelajar teladan, bahkan mereka rata-rata masuk 10 besar Pelajar Teladan Propinsi. Malu dong, kalo eike ngga menerima estafet itu. Jadi kelas 5 SD itu aku disiapin ibu2 guu untuk ikut pemilihan tingkat kabupaten. Alhamdulillah menang..tapi pas di propinsi aku terpaksa mengalah *pada'l meang kalah ya*. Saat2 menjelang maju ke propinsi itu aku kehilangan Bapak aku. Beliau meninggal tahun 1988, karena kecelakaan. Shock jelas...secara Bapak adalah seorang pendidik dan aku merasa disupport habis ama Bapak untuk masalah pendidikan ini. Hampir ga berangkat, tapi ibu tetep ngasi dorongan untuk berangkat. Apapun yang terjadi, mungkin sudah suratan...

Pramuka Sejati
Ekskul Pramuka tiap Sabtu sore...semangat 45 bener...mungkin ikutan Pramuka sejak SD ini akhirnya bawa aku lebih mandiri..ngurus perpindahan sekolah antar propinsi di ibuka Jawa Tengah, aku jabanin sendiri lhoooo....setelah lulus SMP.
Dan bekal kesukaanku terhadap Pramuka akhirnya membawa aku ikut jadi peserta Jambore Nasional 1991.

Dapet surat cinta pertama kali...
Naaah ya..ketauan deh. Perasaaan seneeeeeng banget, meskipun blom terlalu kenal tuh ama kakak kelas..dan abis terima surat itupun kita ga pernah pacaran tuh. Cuma deg-degan aja kalo ketemu. Lucunya pas 1 SMP ama do'i, temetn2 masih suka ngomporin kita.

Film
Standar lah...ACI (Aku Cinta Indonesia) dan Rumah MAsa Depan (Ma' Wok tea...)

Bros dan Perangko
AKu waktu kecil suka banget ngumpulin bros..mule dari yang lucu2..ampe bros nyokap gw ambil buat tambahan di kotak koleksiku. Makanya pas nyokap pake kebaya nyari brosnya, ya tinggal ambil dari lemariku...
Kalo perangko ini sebenernya punya kakak2 perempuan..cuma bangga aja suka bawa album pernagko ganti2 tiap hari..mana bagus2...jadi temen2 pada ngiri...qeqeqeqeq

Sepeda Mini
Sejak kelas 4 SD aku berangkat sekolah naik sepeda sendiri, sebelumnya masih pake jemputan becak. Cuma kareba ebcaknya penuh & aku suka kebagian duduk di bagian kaki * karena rumahku paling deket ke sekolah*, akhirnya aku dibeliin Ibu sepeda mini..warna merah tentunya...jadi sepeda pertamaku. Sejak punya sepeda, aku kelayapan terus..tiap pulang sekolah maen ke aman-mana...ke sungai, ke bukit, ke rumah temen yang jauuuuh2 *sebetulnya kalo pake kendaraan bermotor sih yakin lebih deket*.

Nari Disco
Suka tampil di acara Mauludan di sekolah..hehe ga cocok banget ya, acara religius isinya nari disco. Pernah sekali naik panggung yang lebih rame. Grogi bo..akhirnya banayk gerakan salah. Abis itu Stop..ga pernah lagi mau nari-nari-an.

*****

Mengasyikkan memang..tapi setelah jaman SD ini aku juga masih banayk cerita...dengan suasana berbeda tentunya...tapi semua itu flashback itu menjadi bagian penting untuk selalu bersyukur, bahwa keluargaku begitu hangat...temen2 ku begitu banyak & terlalu banyak momen indah...